Pentingnya menjunjung tinggi makna sumpah pemuda




awal proklamasi
Pemuda-pemudi Indonesia dahulu lebih cerdas dan menghargai perbedaan sebagai kekayaan Indonesia serta mengerti makna pluralitas.Mereka menghargai para pahlawan dan para pemuda yang bertaruh demi bangsa. Sedangkan pada saat ini kesadaran para pemuda akan hari kemerdekaan jauh berkurang bahkan tidak peduli lagi dengan arti dan makna sumpah pemuda.Sekarang masyrakat pemuda telah hidup individualis dan jarang sekali peduli terhadap lingkungan sekitar,terutama di kota-kota besar.
          Tujuan utama dibentuknya sumpah pemuda adalah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Dahulu maksudnya sumpah pemuda ini dijadikan sebagai penyemangat bagi pemuda yang sedang menghadapi para penjajah. Bersatu membangun kekuatan yang besar tanpa putus asa sehingga sampai saat ini Indonesia bisa merdeka dan berkembang untuk lebih maju.

kerusuhan yang terjadi akibat perang antar warga
          Saat ini banyak terjadi keributan antar suku dan budaya,begitu juga pelajar dan mahasiswa. Contohnya keributan antar suku Dayak di Kalimantan yang sangat sadis seakan-akan tali persaudaraan telah hilang. Begitu juga keributan antar pelajar dan,mereka tawuran yang melibatkan seluruh pelajar di sekolahnya yang terkadang hanya karena hal kecil. Mahasiswa sibuk berdemo,apa arti demo yang sesungguhnya? Demokrasi bukan DEMO-krasi…Mahasiswa dan semua lapisan masyarakat berhak bersuara tapi bukan dalam ajang demo yang menjadi huru-hara kekerasan.

sumpah pemuda
          Fungsi dari sumpah pemuda adalah mempersatukan kesatuan bangsa dengan kerjasama dan kebesaran jiwa para pemuda untuk mengusir penjajah dari muka bumi Indonesia dengan semangat membara memperjuangkan kemerdekaan. Betapa indahnya kesatuan yang dirasa bila melihat semua pemuda-pemudi Indonesia maupun yang keturunan (Tiong hoa /Arab) menjunjung tinggi persatuan bangsa melalui kebudayaan.
          Perlu untuk mengadakan penyuluhan terhadap mahasiswa dan pelajar  serta melakukan pendekatan lingkungan terhadap daerah yang sedang konflik misalnya daerah yang terkait konflik itu bisa saja memberi dorongan, semangat dan motifasi serta menyadarkan mereka secara perlahan bahwa kita ini adalah suatu Negara kesatuan yang telah diucapkan para pemuda dahulu yaitu, kami para pemuda pemudi bersumpah berbangsa satu bangsa Indonesia,bertanah air satu tanah air Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Terapkanlah arti dari sumpah pemuda ini di hati kita, jangan sampai kita melukai hati para pendahulu yang telah berjuang mencetuskan sumpah pemuda dari penjajah Belanda.


By: Rezky Vanya Hazani IX.1

Kamis, 03 Maret 2011 di 05.44

0 Comments to "Pentingnya menjunjung tinggi makna sumpah pemuda"

Posting Komentar